Manfaat Air Bagi Tubuh



manfaat air putih bagi tubuh


air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk. tidak akan ada yang mampu hidup dalam ketiadaan air, dan manfaatnya tak pernah terhitung lagi banyaknya.

siapapun faham jika tubuh manusia mempunyai komposisi cairan lebih dari komposisi yang lain, misalnya lemak dan vitamin. apa yang akan terjadi jika tubuh yang sehari-hari mengeluarkan keringat ini tidak diganti dengan cairan air yang mengisi kekosongan.

keistimewaan air tak pernah habis dikupas sepanjang zaman. sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang silam orang sudah menyadari bahwa air bermanfaat sangat luar biasa pada makhluk hidup, bukan saja manusiam tetapi unutk seluruh kehidupan alam. orang tidak akan mampu hidup tanpa keberadaan air, karena air adalah sumber kehidupan. khusus unutk tubuh manusia, air putih mempunyai lima fungsi utama :

Pertama, menjaga kelembaban organ di dalam tubuh. artinya, bila organ di dalam tubuh kekurangan air, maka bentuk tubuh dan kulit akan mengempis kehilangan kelembaban sehingga kelihatan keriput.

Kedua, untuk menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yang cukup. bila tubuhn kurang cairan, maka darah dan getah bening akan menjadi kental karena cairan di dalam tubuh akan disedot untuk kebutuhan pengentalan tersebut. jika sudah mengental, maka aliran darah tidak akan lancar lagi dan kondisi tersebut, bisanya menimpa karyawan, terutama mereka yang mengalami depresi atau stres karena pekerjaan maupun persoalan keluarga,

ketiga, untuk mengatur suhu tubuh. apabila seseorang kekurangan air, maka suhu tubuhnya akan meningkat, tetapi bila asupan air minum cukup, maka suhu tubuh akan kembali ternetralisir menjadi normal seperti semula,

Keempat, air minum dalam jumlah yang cukup banyak akan mendorong terbuangnya racun atau toksik yang ada di dalam tubuh melalui keringat, air seni atau urine dan pernafasan. terutama bagi penderita ginjal, maka minum air putih sebanyak mungkin adalah terapi paling besar manfaatnya.

manurut dr. Sukarliono dalam Kompas Cyber Media menyebutkan, air yang baik adalah yang tidak berbau, serta tudak mengandung polutan seperti logam berat dan zat kimia seperti kaporit atau tawas. kriteria tersebut terdapat pada air minum dalam kemasan, tapi harus berhati-hati juga, karena tidak semua air minum dalam kemasan steril dari berbagai bakteri dan virus.

keguanaan air putih

1. air sebagai penyembuh alami

minumlah air dalam sehari sebanyak empat gelas. lalu minum lagi dua gelas setiap dua menit. mingkin mula-mula agak sulit, karena harus ke belakang dua sampai tiga kali dalam tiga jam, tetapi setelah itu akan normal kembali.

2. untuk diet

minum air putih satu gelas setiap 11 kg kelebihan berat badan, misalnya tinggi badan 160 cm, dikurangi 110, berat badan ideal 50 kg, sehingga kelebihan berat badan sekitar ada sekitar 75 kg, jadi harus minum air putih sebanyak 2 gelas.

3. untuk menyegarkan tubuh

apabila setiap hendak dan bangun tidur minumlah air putih sebanyak 1 gelas setiap hari.

4. sebagi terapi

mandi dengan air hangat agar berkeringat, lalu pindah ke air dingin, lalu berjalan-jalan sebentar agar berkeringat dan mandi lagi denagn air dingain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Cara Melembutkan Hati

Belajar bersabar atas kekurangan orang tua

60 Adab Penuntun Ilmu Syar'i